Bismillah, Segala puji bagi Allah Subhanahu Wa Ta’ala atas limpahan rahmat dan kaunia-Nya, shalawat dan salam semoga teteap tercurahkan kepada Nabi Muhammad Shallahu ‘Alaihi wa sallam.

Masjid At-Taqwa adalah sebuah masjid di Distrik Dayuan, Kota Taoyuan, Taiwan. Masjid tersebut merupakan masjid ketujuh dan terbaru di Taiwan yang telah selesai dibangun dan diresmikan pada 9 juni 2013. di negara Taiwan muslim sangatlah minoritas, jumlah penduduk Muslim di Taiwan kurang lebih hanya berkisar di angka 0.3% saja. Mari kita kenali satu per satu masjid-masjid yang sudah ada di Taiwan:

  1. Grand Mosque Taipei, Taipei (台北清真寺 – táiběi qīngzhēnsì)
  2. Cultural Mosque, Taipei  (台北文化清真寺– táiběi wénhuà qīngzhēnsì)
  3. Longgang Mosque, Chungli (龍崗清真寺 – lónggǎng qīngzhēnsì)
  4. Taichung Mosque (台中清真寺 – táizhōng qīngzhēnsì)
  5. Kaohsiung Mosque (高雄清真寺 – gāoxióng qīngzhēnsì)
  6. Tainan Mosque (台南清真寺 – táinán qīngzhēnsì)
  7. Masjid At-Taqwa ( 大園清真寺 Dàyuán Qīngzhēnsì)

Melihat keseluruhan nama masjid yang ada di Taiwan tersebut, maka kata “Masjid At-Taqwa” menjadi sebuah ejaan yang asing hadir di telinga khususnya muslim taiwan. Namun tidak bagi para Muslim Indonesia di Taiwan. Ya, Masjid At-Taqwa adalah masjid ke-7 yang  hadir di Taiwan yang dipelopori oleh sepasang suami-istri Taiwan-Indonesia, Bapak Muhammad Yasin (Taiwan) dan Ibu Hasana (Indonesia). Beliau berdua bukanlah “hartawan”, beliau memiliki sebuah toko sederhana (kami biasa menyebut toko semacam ini dengan sebutan “Toko Indonesia”) yang menjual berbagai makanan khas Indonesia dan perlengkapan sehari-hari. Di daerah sekitar sana pun dapat kita jumpai banyak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di pabrik-pabrik atau pada sektor  rumah tangga.

Masjid itu bermula dari sebuah petak tanah di samping rumah pasangan tsb, tanah tersebut adalah milik seorang warga asli Taiwan yang kemudian  berpindah tangan kepada Bapak Muhammad Yasin dengan proses yang cukup rumit. Perjuangan awal pasangan ini untuk mendirikan masjid tidaklah mudah. Dengan mengeluarkan harta secara maksimal, bahkan hingga berhutang, harus memenuhi tuntutan pembangunan di Taiwan yang rumit dan mahal, dan masih banyak hambatan lainnya yang dihadapi oleh mereka. Namun hal ini sama sekali tidak meruntuhkan semangat mereka untuk menghadirkan taman surga di gersang nya Bumi Formosa.

Bekerja sama dengan banyak pihak, organisasi, dan perwakilan pemerintah di Indonesia yang sedikit demi sedikit mengumpulkan dana untuk berdirinya Masjid At-Taqwa ini, alhamdulillah, bi idznillah, hampir satu tahun proses pembangunan, kini masjid dengan ukuran (kurang lebih) 5 m x 26 m itu telah berdiri. Masjid At-Taqwa terdiri dari 3 (tiga) lantai yang difungsikan sebagai berikut: lantai pertama digunakan untuk tempat shalat pria, lantai kedua untuk tempat shalat wanita dan ruang tamu, serta lantai ketiga digunakan untuk kelas dan kamar-kamar penginapan.

Total perkiraan biaya yang dihabiskan  untuk menyelesaikan pembangunan Masjid berkisar  NTD 9.000.000,00 (Rp 2.950.000.000,00) . Alhamdulillah, saat ini  masjid At-Taqwa sudah digunakan  sebagai tempat ibadah dan kegiatan keagamaan.

Namun  masih terdapat kendala pada tanah disamping masjid yang telah dibangun sebagai tempat makan dan tempat wudhu tersebut masih belum dapat terselesaikan.  bangunan tersebut masih harus membayar sewa tanah setiap bulannya pada pemilik tanah sebesar NTD.5000/bulan.  telah terjadi kesepakatan antara pemilik tanah dengan pihak pengurus masjid, diberikan tenggang waktu selama 5 tahun untuk melunasi tanah satu kapling yang berukuran 20mx5m tsb dengan harga NTD.5 juta.  sekarang sudah berjalan hampir dua tahun dan belum dapat terkumpul dana untuk membebaskan tanah tersebut.

Ibadah sebagai salah satu menifestasi kita sebagai hamba Allah Subhanahu Wa Ta’ala untuk memperoleh Ridho-Nya dalam hidup ini. Maka peran dan fungsi masjid disini akan menjadi sangat penting. Tak pelak lagi bagi kaum muslimin yang bertaqwa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, bahwa membangun dan memakmurkan rumah Allah tersebut menjadi sebuah kewajiban dimanapun umat islam berada.

Dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ بَنَى مَسْجِدًا لِلَّهِ كَمَفْحَصِ قَطَاةٍ أَوْ أَصْغَرَ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِى الْجَنَّةِ

Siapa yang membangun masjid karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di surga.” (HR. Ibnu Majah no. 738. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih).

Sehubungan dengan maksud artikel di atas, kami mengajak sahabat semua untuk dapat menyisihkan sebagian rizqinya guna pembebasan tanah dalam rangka Perluasan & Pengembangan Masjid At-Taqwa.

Semoga niat dan kemurahan hati para sahabat donatur dicatat oleh Allah Suhnahu wa Ta’ala sebagai amal sholeh kelak yang terus mengalir hingga yaumul akhir dan menjadi sebab-sebab kembali suburnya dakwah Islam di bumi Formosa. Aamiin

informasi lebih lanjut dapat menghubungi  Sahabat Fillah 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s